Savor The Flavor

A General Blog

Cara ternak ikan cupang koi memang sudah tidak asing. Ikan hias atau ikan aduan. Ikan cupang plakat koi konon berasal dari Thailand, yang awal mulanya dianggap sebagai ikan reject karena tidak menarik. Sampai masuk ke Medan, DIlansir dari Suksespedia, ikan ini justru dikembangbiakkan, dengan hasil perkawinan dengan jenis ikan cupang lain.

Dari sinilah, ikan cupang plakat koi memiliki keunikan pada corak warna, mirip ikan koi. Berikut adalah cara ternak ikan cupang koi plakat:

1. Pilih Bibit

Bibit menentukan kesuksesan budidaya cupang plakat koi. Beli di tukang jual ikan hias, dengan melihat kesempurnaan tubuh, corak warna, sifat agresif, dan usia ikan.

2. Tempat Ternak

Cara ternak cupang plakat koi berikutnya yaitu tempat ternak, pemijahan, juga perkawinan. Kolam pembesaran adalah wadah untuk ikan cupang plakat koi menyendiri. Cukup ukuran kecil dengan jumlah banyak. Sehingga, tidak ada pertarungan yang membuat tubuh cacat, dan menurunkan daya jual.

3. Kontrol Air Kolam

Kualitas air jernih mampu menjadikan tubuh ikan lebih cerah serta mengurangi stres. Air jernih juga bersih membantu agar tubuh ikan tetap sehat. pH ideal adalah 6,2-7 dengan mencampurkan 2 mililiter air kapur dengan 1-liter air. Cara ternak ikan cupang koi juga harus pakai peralatan. Anda bisa menambahkan aerator pada wadah dengan tingkat oksigen rendah.

4. Pemberian Pakan Ikan

Cupang plakat koi membutuhkan pakan umum, seperti cacing kering yang sudah adna kemas jadi dadu. Cacing mudah anda temukan atau anda beli pada berbagai toko peliharaan hewan.

Alternatif lainnya yaitu pelet, dengan jumlah makanan tidak terlalu banyak. Ikan cupang berkarakter rakus, sebaiknya beri pakan secukupnya. Hal ini mencegah air gampang keruh, meningkatkan penyakit, dan membuat anda harus rajin ganti air.

5. Pemberian Obat Ikan Cupang

Ikan plakat koi juga membutuhkan methylene blue, pemberian obat untuk mengatasi penyakit karena jamur, bakteri, atau parasit. Parasit dapat tinggal pada sisik ikan, sehingga menyerap nutrisi tubuh, membuat ikan jadi lemas dan mati.

6. Pemijahan Ikan Cupang Plakat Koi

Pilih indukan berkualitas sesuai warna, usia, ukuran ideal, dan keindahan ekor. Cupang plakat koi jantan punya ekor menarik, warna mencolok. Sedangkan indukan betina punya ekor lebih sederhana.

Sediakan area khusus untuk pemijahan tanpa adanya gangguan. Pisahkan indukan terlebih dahulu saat waktu pemijahan supaya pertumbuhan telur tidak ada gangguan.

7. Panen Cupang Plakat Koi

Cara ternak ikan cupang koi pada akhirnya adalah proses panen ketika sudah siap anda jual. Harga tentu saja bervariasi, sesuai ukuran dan corak.