Savor The Flavor

A General Blog

homeschooling surabaya

Banyak orang tua yang mempertimbangkan homeschooling menjadi kuatir dengan kemampuan mereka sendiri untuk mengajar anak-anak mereka. Mereka merasa bahwa mereka tidak dididik sebagai seorang guru, atau mereka tidak memiliki pendidikan yang cukup, atau bahwa mereka akan membuat kesalahan fatal yang akan berdampak buruk bagi perkembangan anak mereka. Setelah mendidik ketiga anak saya di rumah, saya di sini untuk meyakinkan Anda bahwa Anda dapat mengajari anak Anda jika itu yang Anda inginkan.

Legalitas

homeschooling surabaya

Pertama mari kita lihat beberapa masalah hukum. Setiap negara memiliki persyaratannya sendiri untuk mengizinkan orang tua menyekolahkan anak di rumah, tetapi ada beberapa persyaratan hukum yang umum atau sama di setiap negara. Tapi bagaimanapun juga anda perlu meneliti persyaratan hukum tentang homeschooling di negara anda. Berikut beberapa peraturan hukum yang umum atau sama di tiap negara.

Pertama, Anda biasanya tidak harus menjadi guru profesional berlisensi untuk mendidik anak Anda di rumah. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu mengambil kursus apa pun dalam pendidikan atau perkembangan anak jika Anda tidak menginginkannya. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk Anda baik secara online maupun di perpustakaan negara yang dapat memberi tahu Anda semua yang Anda perlukan untuk membuat kurikulum yang baik sebagai patokan dalam proses belajar mengajar anak Anda. Jika Anda masih merasa perlu bantuan untuk melakukannya, ada kurikulum lengkap yang dapat Anda beli yang akan melakukannya untuk Anda.

Kedua, persyaratan umum bagi orang tua untuk homeschool adalah ijazah sekolah menengah. Selama salah satu orang tua memiliki ijazah sekolah menengah atas, Anda secara hukum dapat menyekolahkan anak Anda di rumah. Biasanya tidak ada persyaratan untuk gelar sarjana, bahkan tidak ada persyaratan untuk gelar sarjana tertentu. Sekali lagi, lihat persyaratan untuk negara Anda.

Akhirnya, Anda dapat mendidik anak Anda di rumah untuk alasan apa pun yang Anda inginkan. Anda tidak perlu mengklaim memeluk agama tertentu atau apa pun yang bersifat semacam itu. Anda tidak harus memberi tahu negara mengapa Anda menerapkan homeschooling. Jika Anda ingin mengatakan lebih banyak, tentu Anda bisa melakukannya, tetapi tidak ada persyaratan demikian sebenarnya.

Baca juga artikel di hipwee tentang 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai homeschooling.

Cukup Mengetahui

Meskipun sebagian besar orang tua secara legal dapat menyekolahkan anak di rumah, banyak orang tua merasa bahwa mereka tidak cukup siap untuk melakukannya. Mungkin mereka bukan siswa terbaik, atau sudah lama sejak mereka bersekolah, atau masalah lainnya. Untuk alasan apa pun, orang tua sering merasa mereka tidak cukup tahu untuk mengajar anak-anak mereka.

Tanggapan saya untuk ini ada dua bagian. Pertama, saya ingin meyakinkan Anda bahwa Anda SANGAT tahu untuk mengajar anak Anda, terutama di kelas-kelas awal. Kedua, ketika saya mulai masuk ke dalam materi dimana saya belum tahu apa yang harus diajarkan, proses belajar bersama anak menjadi proses yang menggembirakan dan mengikat, mendekatkan keluarga kami. Izinkan saya menjelaskan kedua poin tersebut.

Pertama, ketika seorang anak mulai bersekolah, mereka mempelajari materi yang Anda ketahui. Di sekolah menengah pertama, materi yang dipelajari anak adalah sesuatu yang umumnya dipahami oleh orang dewasa. Apa yang Anda butuhkan lebih dari pembelajaran akademis adalah kesabaran, pengertian, dan cinta untuk anak Anda. Mengajar seseorang untuk membaca, mengerjakan soal matematika sederhana, dan menulis kalimat yang dapat dimengerti seharusnya anda tidak perlu belajar lagi, tinggal bagaimana membantu anak Anda untuk belajar. Bahkan sains dasar, sejarah yang diperlukan dan mata pelajaran lainnya, dapat dengan mudah diperoleh oleh orang tua dari sumber daya gratis, seperti internet atau perpustakaan.

Hanya setelah anak tersebut menjadi siswa kelas SMP atau SMA barulah ada potensi kurangnya pembelajaran di pihak orang tua. Namun, pada titik ini, Anda telah mengembangkan rasa percaya dan hubungan baik dengan anak Anda jauh melampaui apa yang biasanya, jadi sekarang Anda dan anak Anda dapat mulai belajar bersama. Sekali lagi, ada banyak informasi yang tersedia untuk Anda dari sumber gratis, baik online maupun secara langsung. Anda bisa pergi ke museum bersama, konvensi bersama, dan melakukan penelitian bersama. Anda akan melakukan eksperimen di mana Anda maupun anak Anda tidak tahu apa yang akan terjadi sampai Anda menyelesaikan eksperimen tersebut. Pembelajaran bersama ini sangat memuaskan, dan itu membangun ikatan yang hampir tidak bisa diputuskan antara Anda dan anak Anda.

Jangan biarkan ketidakpastian dan keraguan menghalangi Anda dari homeschooling. Jika Anda memiliki keinginan untuk mengajari anak Anda sendiri, biarkan diri Anda dibimbing oleh harapan dan cinta Anda daripada ketakutan Anda. Anak akan mendapat manfaat dari kedekatan dengan Anda, ikatan/bonding akan semakin kuat, dan semua orang akan senang belajar karena itu dilakukan bersama-sama.

Namun jika pada akhirnya ada subyek yang sulit untuk anda kuasai dan ajarkan, sisalkan saja matematika SMA, tentang trigonometri, logaritma, tetaplah tenang, jangan kuatir, selalu ada solusi. Ada banyak lembaga homeschooling yang sudah diakui oleh pemerintah yang dapat membantu anda. Anda bisa menggunakan jasa tutor dari Homeschooling Shine Surabaya (homeschoolingshine.com). Homeschooling shine adalah salah satu lembaga homeschooling yang cukup bagus di Surabaya. Bahkan dari situsnya, mereka sudah dapat mendapatkan akreditasi A. Jadi anda tidak perlu kuatir lagi tentang kualitasnya. Sementara pada mata pelajaran yang anda kuasai, saya tetap sarankan anda mengajar sendiri anak Anda.

Itu saja, semoga artikel ini bermanfaat buat para calon orang tua homeschooling.