Savor The Flavor

A General Blog

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perusahaan perseorangan, dimana perusahaan tersebut sudah sangat banyak di Indonesia.

Apa sih sebenarnya perusahaan perseorangan itu?? dan apakah ciri khusus agar bisa dikatakan sebagai perusahaan perseorangan. Untuk mengetahui lebih jelas topik yang akan kita bahas, langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Perusahaan Perseorangan & Cirinya

Berikut ini merupakan pengertian perusahaan perseorangan baik secara umum maupun menurut ahli:

Pengertian Perusahaan Perseorangan

Secara umum, perusahaan perseorangan merupakan suatu bentuk badan usaha yang dalam perusahaan tersebut dikelola secara pribadi atau perorangan atau individu.

Nah pada perusahaan perseorangan ini jika bentuknya dalam skala besar maka dia akan disebut sebagai BUMS (badan Usaha Milik Swasta), sedangkan perusahaan perseorangan jika dalam skala kecil maka disebut sebagai UKM (Usaha Kecil Menengah).

Pada umumnya, pada perusahaan perorangan ini akan mengelolanya sendiri dan memperoleh keuntungan perusahaan secara keseluruhan. Akan tetapi dalam menanggung resiko operasional perusahaannya juga akan ditanggung secara pribadi.

Adapun untuk peraturan yang digunakan dalam mendirikan suatu perusahaan perorangan tidak membutuhkan syarat maupun perjanjian yang harus dibuat sebelumnya, karena perusahaan atau usaha tersebut didirikan secara mandiri atau pribadi.

Ada banyak ahli yang juga ikut serta dalam mengargumenkan tentang perusahaan perorangan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. M. Hatta

Perusahaan perorangan merupakan suatu badan usaha yang didirikan serta dikelola oleh pengusaha.

2. Murti Sumarai dan John Suprianto

Perusahaan perorangan adalah suatu badan usaha milik pribadi dimana dalam pengelolaannya, kepemimpinan dan juga tanggung jawab serta resiko berada pada individu tersebut.

3. Basswasta

Perusahaan perorangan adalah suatu bentuk usaha yang dimiliki oleh seseorang dan juga dijalankan serta dikelola oleh yang memiliki, dengan seluruh keuntungan dan resiko ditanggung secara perorangan.

4. Wikipedia

Perusahaan perorangan adalah suatu bentuk perusahaan yang dimiliki oleh seorang pemilik (tunggal), pasangan pengusaha perorangan merupakan pemilik dari perusahaan tersebut.

Ciri – Ciri Perusahaan Perorangan

Adapun ciri-ciri khusus yang pada umumnya ada pada perusahaan perorangan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dalam proses mendirikan suatu perusahaannya tersebut relatif mudah, begitupun dengan prose pembubarannya yang juga sangat mudah.

Sumber Lengkap: https://www.pendidik.co.id/

2. Pemilik perusahaan tersebut adalah seorang individu atau keluarga.

3. Modal yang dikeluarkan melibatkan harta pribadi.

4. Usahanya yang berjalan sesuai dengan instruksi pemiliknya.

5. Perusahaan perorangan dapat dipindah tangankan kapan saja.

Demikian ulasan tentang Pengertian Perusahaan Perseorangan & Cirinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih ­čÖé