Savor The Flavor

A General Blog

Pada ternak kelinci pedaging seperti kelinci giant flemish umumnya hanya dikonsumsi dagingnya dan berukuran badanya lebar dan mudah dikembangkan.

Untuk diternakkan, kelinci pedaging memiliki beberapa jenis dan yang berbeda jenisnya maka, bobotnya pun akan berbeda. Untuk membahas ternak kelinci pedaging dapat mengikuti beberapa penjelasan di bawah ini,

Memilih indukan kelinci pedaging, pilihlah indukan yang berkualitas dari segi fisik juga kesehatannya. Pada hal ini harus memperhatikan mulai dari bibit ternak yang memiliki bobot tubuh minimal 4 kg untuk kelinci betina dan bobot tubuh minimal 3 kg pada kelinci jantan. Untuk kesehatan fisiknya dapat dilihat melalui warna mata yang cerah, bulu bersih, pinggul bulat dan geraknya lincah.

Pilihlah kandang yang tepat, untuk ternak kelinci pedaging sebaiknya gunakan tempatnya yang tidak terlalu bising juga memiliki sirkulasi udara yang baik sekitar 21˚ Celcius. Untuk ukuran kandangnya dapat dibuat dengan kayu maupun bambu dengan ukuran panjang 200 cm dan lebar 70 cm, ukuran kandang tersebut dapat menampung kelinci sebanyak 10 hingga 12 ekor dan tergantung pada ukuran juga jenis kelaminnya kelinci tersebut. Untuk kelinci jantan dan betina sebaiknya juga dipisahkan agar terhindar dari perkawinan dini.

Pakan yang tepat kelinci pedaging, pakannya dapat ditambahkan nutrisi seperti, piterna dan hormonik juga pellet sebagai makanan konsentrat. Nutrisi tersebut dapat ditambahkan secara rutin dua kali sehari, saat pagi dan sore hari.

Pada pengembangbiakan kelinci pedaging, lebih tepatnya perkawinan ternak kelinci pedaging dilakukan saat usia kelinci jantan 8 bulan dan kelinci betina 6 bulan. Setelah melakukan perkawinan biasanya kelinci betina yang dimasukkan ke dalam kandang kelinci jantan. Untuk perawatan anak kelinci, pastikan kandangnya bersih juga hangat. Berikan makanan yang bergizi seperti wortel dan sayuran hijau juga konsentrat untuk mempercepat tumbuh kembang anak kelinci pedaging.

Akhir kata, ternak kelinci pedaging memiliki perawatan yang tidak terlalu rumit dibandingkan dengan ternak kelinci hias. Yang terpenting yaitu lebih memperhatikan kesehatan agar dagingnya dapat dikonsumsi.