Savor The Flavor

A General Blog

Untuk Anda yang sedang mencari kerja, Anda pasti sudah tahu ada beberapa hal yang menjadi persyaratan untuk melamar pekerjaan. Berkas tersebut di antaranya adalah Curriculum Vitae (CV), pas foto, foto full body lamaran kerja, surat lamaran, dan berkas atau dokumen lainnya.

Pada artikel ini akan dijelaskan kepada Anda mengenai tips foto full body dan juga beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat melamar pekerjaan.

Tips Foto Full Body Lamaran Kerja

Foto full body untuk lamaran kerja biasanya merupakan hal yang membingungkan, karena Anda tidak mengetahui pose atau gaya yang menarik, atau juga pakaian yang harus digunakan. Berikut beberapa tips foto full body lamaran kerja untuk Anda:

  1. Gunakan Pakaian yang Sesuai
    Karena pakaian yang Anda gunakan akan terlihat pada foto nanti, Anda harus menentukan terlebih dahulu pakaian yang Anda gunakan dan juga kesesuaiannya dengan lamaran kerja. Saat memilih pakaian, hindari pakaian berwarna mencolok seperti warna kuning, merah cabe, atau juga biru laut.

    Pilihlah pakaian dengan warna formal dan netral seperti hitam, putih, abu abu, atau juga biru dongker (navy). Selain warna yang formal, kami juga menyarankan Anda untuk mengenakan pakaian formal seperti kemeja lengan panjang. Bagi wanita, Anda bisa menggunakan blouse sebagai alternatif.

    Sesuaikan bawahan dengan warna atasan Anda sehingga pakaian Anda akan menjadi senada. Sebagai contoh, jika Anda mengenakan kemeja berwarna putih, Anda bisa menggunakan celana abu abu, atau celana hitam untuk kemeja berwarna biru dongker.
     

  2. Perhatikan Kebersihan Wajah dan Kerapihan Pakaian
    Selain kesesuaian pakaian, Anda juga harus memperhatikan kebersihan dan kerapihan pakaian, serta wajah. Para pria sebaiknya memperhatikan rambut, kumis dan jenggot sebelum berfoto. Anda bisa memotong atau merapikannya jika Anda ingin.
     
  3. Pose yang Dapat Digunakan
    Ini dia hal yang menjadi kekhawatiran bagi banyak orang. Untuk pose foto full body, Anda dapat meminta bantuan fotografer untuk menentukan pose yang terbaik. Untuk pria, pose yang bisa Anda gunakan misalnya satu tangan menggenggam dan diangkat, sedangkan posisi badan melihat menyerong.

    Untuk wanita, Anda dapat meletakkan salah satu tangan Anda di depan pinggang dan kemudian berpose dengan rileks. Agar Anda terlihat lebih tinggi, Anda bisa memajukan salah satu kaki satu langkah. Jangan lupa untuk tersenyum.

Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mengirimkan Lamaran Pekerjaan

Setelah Anda memiliki foto full body lamaran kerja, selanjutnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses melamar. Berikut adalah beberapa kesalahan yang acap kali dilakukan oleh pelamar:

Salah Mencantumkan Nama Perusahaan

Anda pasti tidak hanya mengirimkan lamaran ke satu perusahaan saja. Hal tersebut harus membuat Anda lebih berhati–hati, karena Anda bisa saja salah mencantumkan nama perusahaan, yang tentu saja akan berakibat fatal.

Tidak Mengirim Surat Lamaran saat Melamar Pekerjaan

Saat ini, proses melamar pekerjaan biasanya dilakukan melalui email. Banyak pelamar yang tidak mengirimkan surat lamaran dan hanya mengirimkan CV. Jika Anda masih bingung untuk membuat surat lamaran, Anda bisa mencari contoh surat lamaran kerja yang banyak terdapat di internet.

Setelah ini, Anda tidak lagi bingung saat akan melakukan pemotretan untuk membuat foto full body lamaran kerja. Dan juga, jangan lupa untuk memperhatikan kembali mengenai nama perusahaan dan surat lamaran saat melamar pekerjaan.