Savor The Flavor

A General Blog

Canva Online

Ada masanya terkadang setelah kita memotret suatu objek yang sudah bagus, namun ingin meningkatkan hasilnya, maka kita akan membutuhkan sebuah aplikasi edit foto. Beberapa aplikasi edit foto yang kerap digunakan, yaitu seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan beberapa jenis lainnya.

Beberapa aplikasi tersebut memang sudah tidak diragukan lagi keandalannya untuk melakukan permak foto sesuai dengan keinginan penggunanya. Namun, sayangnya beberapa aplikasi tersebut juga dikenal membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup untuk dapat menjalankannya dengan mulus.

Lantas, bagaimana apabila kamu ingin melakukan editing foto, namun tidak ingin melakukannya melalui aplikasi edit foto pc mainstream di atas? Tenang. Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi online yang bisa membantu kamu melakukan proses editing, mulai dari tahap awal hingga menengah seperti yang diulas di situs Tekno Lagi.

1. Canva

Canva Online

Beberapa diantara kalian mungkin sudah tidak asing dengan nama situs atau aplikasi yang satu ini. Canva memang termasuk salah satu aplikasi desain online yang cukup bisa diandalkan dan mayoritas fiturnya dapat digunakan dalam versi gratis. Hmm, menarik bukan?

Jika kamu ingin melakukan edit foto dengan menggunakan fitur-fitur dasar, seperti mengatur brightness, saturasi, kontras, atau ingin memberikan pewarnaan pada foto, Canva cocok untuk kamu pilih dan gunakan. Dengan tampilan modern, pengguna yang belum pernah menggunakan Canva sebelumnya akan dengan mudah beradaptasi dengan fitur-fitur yang tersedia.

Selain itu, salah satu kelebihan Canva dibandingkan dengan aplikasi edit foto online lainnya adalah tersedianya beragam template yang siap digunakan. Template yang dimaksud mencakup untuk beragam kategori, mulai dari kebutuhan professional seperti membuat CV atau resume, pembuatan logo, atau ingin membuat template promosi bisnis di Instagram? Sudah tersedia templatenya di Canva.

2. Pixlr

Pixlr Online Editor

Berbeda dengan Canva yang berfungsi sebagai aplikasi desain online yang multifungsi, Pixlr memang lebih fokus pada sisi editing foto saja. Sehingga kamu juga tidak akan menemukan beragam pilihan template seperti yang bisa ditemukan melalui situs atau aplikasi Canva.

Jika sebelumnya kamu sudah pernah menggunakan aplikasi edit foto profesional, seperti Adobe Photoshop, maka fitur-fitur yang terdapat pada Pixlr ini bisa dibilang merupakan versi litenya.

Beragam tools editing foto, seperti untuk melakukan seleksi, masking, cloning, atau sekedar melakukan crop, bisa dengan mudah dilakukan menggunakan Pixlr. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengedit dengan menggunakan fungsi layer yang tersedia.

Tentunya meskipun fitur-fitur yang dihadirkan masih bisa dikatakan versi basic, namun tentu ini sudah sangat mencukupi untuk menunjang kebutuhan editing foto kamu. Sisanya kamu hanya perlu menggunakan kreatifitas yang kamu miliki untuk memaksimalkan hasil foto sesuai yang diinginkan.

3. PicResize

PicResize

Layaknya sebuah nama, situs PicResize juga mencerminkan fitur utama yang ditawarkannya, yaitu untuk melakukan kompresi foto. Dengan menggunakan situs ini, kamu bisa mendapatkan ukuran foto dengan pilihan persentase yang lebih kecil, mulai dari 25-75 persen atau bisa juga disesuaikan dengan keinginan kamu.

Tidak hanya itu, PicResize juga memungkinkan apabila kamu ingin melakukan cropping foto, melakukan rotasi atau flip, atau bahkan untuk menambahkan efek pada foto dapat dilakukan secara langsung setelah kamu memilih foto yang akan diedit.

Setelah selesai melakukan proses editing, terakhir kamu bisa memilih format file yang diinginkan, seperti JPG, BMP, GIF, atau PNG. Jika kamu ingin mendapatkan hasil foto yang paling maksimal, jangan lupa pada pilihan Quality, pilih opsi Best.

Dari 3 aplikasi edit foto pc online di atas, tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Jadi, sebaiknya kamu mencoba sesuai dengan kebutuhan ya.