Savor The Flavor

A General Blog

Ketika mendengar libur akan semakin dekat pasti yang akan langsung dilakukan yaitu mengagendakan akan melakukan liburan, dan berwisata ke suatu destinasi wisata yang seru dan menyenangkan. Ekspektasi ketika memikirkan akan berliburan pastinya akan memikirkan kolam renang, atau pantai, atau gunung yang menyenangkan. Berbeda dengan liburan yang satu ini, tempat wisata yang satu ini menyajikan berbagai macam untuk bermain tetapi juga dapat belajar bersama ketika liburan.

Ditempat ini menyajikan banyak sekali pengetahuan tentang alam dan sosial. Semua kalangan dapat menikmati tempat ini, balita, anak-anak sampai dewasa dapat menikmati tempat wisata ini. Tempat wisata ini terdapat di beberapa kota seperti Yogyakarta, Jakarta dan Malang. Berikut merupakan tempat wisata edukasi yang terkenal di Indonesia.

1. Planetarium

Planetarium merupakan destinasi wisata edukasi yang memperkenalkan kepada kalian tentang dunia astronomi. Kalian akan disuguhi dengan suasana yang seperti di luar angkasa raya di malam hari. Pemandangan yang tidak dapat ditemukan dimanapun. Disana kalian juga dapat memperkirakan gimana jatuhnya meteor dan juga dilengkapi dengan penjelasan.

Kalian juga dapat melihat tempat untuk observasi visual dan fotografi benda-benda diluar angkasa seperti, matahari, bulan, planet, gugus bintang, komet dan yang lainnya dengan teropong. Jika kalian tertarik ke destinasi wisata yang satu ini kalian hanya mengocek harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan manfaat dan nilai-nilai yang didapatkan.

2. Kidzania

Kidzania merupakan destinasi tempat wisata yang berlokasi di Jakarta, tepatnya di mall Pacific Place, sehingga kalian dapat berbelanja atau pun berkuliner setelah melihat Kidzania. Kidzania merupakan destinasi tempat wisata yang mempelajari tentang konsep perkotaan. Kidzania memiliki luas sekitar 7.500 meter persegi yang mempunyai 71 paviliun. Paviliun tersebut merupakan profesi-profesi yang sering ditemui oleh masyarakat perkotaan. Kidzania dirancang sedemikian rupa yang menyerupai dengan kota sungguhan. Terdapat balai kota, rumah sakit, restoran, bioskop dan lainnya. Sehingga kalian dapat mencoba peran menjadi profesi yang ada di Kidzania seperti, koki ,pilot, dokter, polisi dan lainnya. Hal tersebut dapat memperkenalkan apa saja yang dilakukan oleh profesi tersebut.

 

3. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau yang sering disebut TMII merupakan destinasi wisata edukasi yang sangat terkenal, sehingga tempat ini menjadi favorit dan menjadi yang digemari oleh berbagai kalangan. TMII menyajikan berbagai budaya yang ada di tiap-tiap Provinsi di Indonesia. Terdapat busana adat serta rumah adat, alat musik serta senjata adat bisa kalian pelajari di TMII ini. Kalian juga dapat melihat museum-museum seperti museum perangko, museum transportasi, museum listrik hingga museum tentang energi baru. Jika kalian kurang puas kalian juga dapat ke istana anak yang didalamnya terdapat pameran wayang dan ada juga peraga permainan tradisional anak.

 

4. Taman Pintar

Taman Pintar merupakan destinasi wisata edukasi yang lokasinya ada di Yogyakarta. Wisata edukasi ini tidak pernah ada habis-habisnya untuk dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Dalam Taman Pintar ini menyajikan beragam wahana yang dapat membuat pengunjung dimanjakan matanya dan otaknya untuk memahami beragam ilmu pengetahuan.

Pada tahun 2018 September lalu Taman Pintar ini baru membuka wahana permainan yang baru. Nama wahana tersebut yaitu Jejak Nutrisi, yaitu wahana bermain anak-anak yang dapat mengasah potensi prestasi anak-anak, seperti cerdas, kreatif, tinggi, kuat, percaya diri, supel dan mandiri. Dalam wahana tersebut kalian juga dapat belajar proses susu sapi dibuat.

 

5. The Bagong Adventure (Museum Tubuh)

Museum Tubuh merupakan destinasi wisata yang didalamnya kalian dapat belajar tentang anatomi tubuh manusia dan bagaimana kerjanya. Di museum ini setiap ruangannya di buat menjadi replikas organ tubuh manusia. Terdapat 6 lantai di museum bagong ini dan memiliki 17 zona, kalian dapat menjangkau semua zona tersebut dengan menggunakan lift. Zona-zona tersebut diantaranya otak, paru-paru, mata, jantung dan lainnya. Menariknya dari museum ini terdapat koleksi kadaver manusia yang diawetkan tetapi di ruangan tersebut tidak boleh mengambil gambar.