Savor The Flavor

A General Blog

Dalam keseharian kita gadget tidak pernah lepas dari tangan kita. Kemanapun kita pergi, pasti gadget kita pegang. gadget seolah barang yang tidak boleh ketinggalan sama seperti uang, kita membawanya dan dapat digunakan untuk apapun.

Hal ini tentunya tidaklah mengherankan karena gadget begitu membantu kita dalam melewati hari-hari. Dengan gadget, kita menjadi semakin cepat mengerjakan tugas, semakin mudah dalam mencari referensi dan semakin efektif dalam bekerja. Namun ini bukanlah benda ajaib Doraemon, ini adalah barang elektronik, dan sebagaimana semua barang elektronik, ia mempunyai masa penggunaan. Setelah masa penggunaannya habis, ia harus diganti dengan yang baru, diperbaiki atau terpaksa dipakai dalam kondisi rusak.

Semakin lama smartphone semakin canggih, namun masa penggunaan gadget semakin hari semakin pendek. Dahulu kita menggunakan HP Oppo Reno 4F bertahun tahun karena fungsinya SMS dan telpon fitur terbaru hanya berkisar pada baterai yang lebih awet, lebih ringan, lebih kecil dan lebih lancar dalam berkomunikasi. Namun kebanyakan orang sekarang menggunakan gadget memiliki spesifikasi yang luar biasa dan selalu ada lompatan teknologi besar setiap tahunnya. Ini menyebabkan orang gonta-ganti gadget hanya untuk menikmati fiturnya saja.

Namun upgrade yang dilakukan produsen gadget tidak membahas seberapa awet smartphone bertahan, mengapa? Karena mereka ingin orang-orang selalu meng-upgrade ponselnya dan seberapa awet ponsel tidak masuk dalam prioritas mereka. Oleh sebab itu, gadget menjadi tidak awet dan kita didorong untuk membeli yang baru. Namun bukan berarti gadget tidak bisa awet. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar gadget anda dalam kondisi prima dan awet sehingga dapat digunakan selama bertahun-tahun. Berikut 9 tips diantaranya:

1. Menjaga kebersihan gadget

2. Gunakan pelindung tambahan

3. Menjaga kondisi baterai

4. Menghindari udara lembab dan air

5. Gunakan hanya aplikasi yang mendukung smartphone

6. Menjaga smartphone dari virus dan malware

7. Jangan terlalu menekan tombol dengan keras

8. Meng-uninstall aplikasi yang tidak digunakan

9. Selalu mengupdate aplikasi dengan versi terbaru