Savor The Flavor

A General Blog

cara mempercepat windows 10

Bukan rahasia umum lagi apabila performa laptop atau komputer bakal menurun seiring dari waktu. Apalagi penggunanya seringkali memasang berbagai aplikasi dan menaruh penyimpanan (storage) dengan banyak sekali file dan dokumen sampai penuh. Untuk menjaga maupun untuk meningkatkan performa komputer dan laptop, dibawah ada beberapa trik yang bisa dilakukan, khususnya kamu yang mempunyai perangkat dengan sistem operasi Windows 10. Kamu bisa mengikuti cara-cara ini tanpa harus repot memasang berbagai aplikasi ketiga. Dalam artian, sejumlah fitur yang terdaftar di sini sejatinya sudah terpasang di dalam sistem secara bawaan. Berikut adalah 3 cara untuk meningkatkan performa PC atau laptop dengan OS Windows 10 32 bit atau Windows 10 64 bit.

Cara Mempercepat Windows 10

cara mempercepat windows 10

1. Membersihkan Ruang Penyimpanan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membersihkan penyimpanan komputer dari berbagai file sampah dengan fitur "Disk Cleanup". Fitur ini dapat kamu akses dengan cara mengunjungi menu Start, lalu ketikkan kata kunci "disk cleanup", dan tekan Enter. Pada halaman berikutnya, pilihlah hard disk mana yang ingin kamu bersihkan lalu klik tombol OK. Selanjutnya pilih file apa saja yang ingin kamu bersihkan dengan memberikan tanda centang pada kotak yang sudah tersedia disitu. Setelah itu kliklah OK dan Delete Files. Dalam proses ini kamu bisa lakukan dengan secara berkala agar bertujuan melegakan ruang media penyimpanan dari berbagai file yang tak begitu penting.

2. Optimasikan Hard Disk

Selain membersihkan, menurut situs relogi blok dalam memori penyimpanan juga perlu dioptimasikan atau ditata ulang, hal ini bertujuan agar bisa membaca dan menyimpan file lagi dengan mulus. Cara ini dapat kamu lakukan melewati fitur "Defragment and Optimize Drives". Ketiklah kata kunci "defragment" melalui menu Start dan klik Enter. Selanjutnya, pilihlah hard disk mana yang akan kamu optimasi dan klik tombol "optimize". Tunggulah beberapa saat sampai proses defragmentation rampung. Mirip dengan disk cleanup, Kamu bisa lakukan cara ini secara berkala ya!.

3. Copot Aplikasi Yang Tidak Perlu

Software yang terpasang di perangkat komputer pada dasarnya memakan banyak media penyimpanan. Apabila kamu suka memasang aplikasi, maupun berbagai macam software berat seperti contoh game, bisa dipastikan nanti sisa dari storage kamu akan begitu sempit. Kamu bisa mencopot beberapa aplikasi yang menurutmu tak begitu diperlukan atau jarang dipakai. Kamu cukup ketik keyword "add or remove programs" di menu Start lalu tekan Enter. Tunggulah beberapa saat, kemudian kamu akan disodorkan dengan daftar aplikasi yang terpasang di perangkat komputermu. Pilihlah salah satu software yang jarang kamu pakai atau tak berguna lagi dan klik tombol "Uninstall". Nah, diatas adalah 3 cara untuk melakukan peningkatan performa untuk perangkat kamu yang ber OS Windows 10. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.