Savor The Flavor

A General Blog

laptop

Salah satu perangkat penting penunjang bisnis online adalah laptop. Kalau hanya smartphone sepertinya masih kurang maksimal, karena ada beberapa hal yang tidak bisa atau sulit dilakukan jika masih menggunakan smartphone.

Misalnya membuat landing page, landing page adalah halaman penjualan yang berisi informasi lengkap produk tertentu. Jadi si pembeli tidak akan banyak tanya spesifikasi produk dan cara belinya bagaimana, karena sudah lengkap dijelaskan pada landing page. 

laptop

Nah.. membuat dan mengelola landingpage ini paling mudah menggunakan laptop. Buat kamu yang belum punya laptop dan ingin mencoba jualan online dengan landing page, gak harus beli laptop baru ya sob.., yang seken pun gak masalah asalkan bisa konek dengan internet.

Berikut tips dari saya membeli laptop bekas, apa saja sih yang harus dicek ? berikut penjelasannya.

Cek spesifikasi laptop

Yang paling utama adalah cek spesifikasi laptop yang akan dibeli. Berikut beberapa hal yang harus kamu diperhatikan :

  • Apa merk dan type laptopnya ? (asus, acer, toshiba dst)
  • Menggunakan prosesor apa ? (intel atau AMD)
  • Berapa RAM nya ? (1 Gb atau 4 Gb)
  • Berapa kapasitas hardisknya ? (320 GB atau 500 GB)
  • Apa tipe hardisknya ? (HDD atau SSD)
  • Apa OS yang digunakan (Windows 7, windows 10)
  • Apa type sistemnya ? (32 bit atau 64 bit)

Untuk melakukan pengecekan seperti di atas, bisa dilihat pada properti my computer. Atau bisa juga menggunakan software tambahan seperti CPUID dan speccy.

Cek layar LCD

Lanjut pengecekan kedua, seperti apa tampilan layar LCD nya. Apakah terang, redup atau ada yang bergaris ? Coba kamu mainkan kontrasnya, naik dan turunkan, apakah masih berfungsi dengan baik ?

Pengecekan layar ini penting mengingat harganya yang lumayan mahal jika rusak. Jadi pastikan layar LCD nya masih normal ya sob..

Cek keyboard dan touchpad

Lanjut cek keyboard dan touchpad. Untuk pengecekan keyboard, tekan semua tombol di laptop satu persatu, cek dari tombol huruf, angka, hingga tombol simbol, apakah semuanya masih berfungsi dengan baik ?

Begitu juga dengan touchpad, cek dengan cara memainkan mouse pointer. Pastikan semua dapat berfungsi dengan baik.

Cek speaker

Kalau ini paling gampang ngeceknya. Tinggal putar video atau file MP3. Pastikan suara masih terdengar dengan jelas. Coba juga naik dan turunkan volume suaranya, apakah speaker masih berfungsi dengan baik ?

Cek baterai laptop

Rata-rata laptop bekas bermasalah dengan baterai. Memang lumayan mahal kalau diganti dengan yang baru. Saran saya, cari laptop yang minimal baterainya masih bisa berfungsi meski tidak dicas.

Cek port USB

Yang terakhir, coba colok port USB laptop dengan flashdisk atau port lain yang sesuai. Apakah masih berfungsi dengan baik itu port ?

Cek CD ROOM (kalau ada)

Untuk cek CD ROM masih berfungsi atau tidak, tentu harus ada kaset CD nya sob..

Demikian informasi seputar tips membeli laptop bekas, semoga bermanfaat ya sob.. kunjungi web kangmasian.com, web yang membahas seputar internet dan bisnis.